Jumat, 02 Mei 2014

8 Jenis Ikan Hiu Paling Besar

Ikan jenis hiu di identikan ikan yang sangat agresip sering menyerang ikan jenis lainnya termasuk manusia, bentuk badan serta siripnya hiu yang khas, membantu ikan tersebut bermanuver dan berenang sangat cepat di dalam air, bentuk gigi yang seperti gergaji membantu ikan tersebut mengoyang badan mangsanya, tapi ternyata hiu yang ada di laut tidak semuanya sebagai pemangsa yang memakan daging (carnivora), di bawah ini beberapa jenis hiu yang hidup di laut 
1. Whale Shark
 

Whale Shark (Rhincodon Typus) adalah hiu terbesar di dunia. Hiu paus dapat hidup sehingga 41 kaki (sekitar 12 meter) dan berat hingga 15 tons.

Meskipun besar, hiu paus  tidak termasuk golongan buas, gerak mereka sangat lambat dan hanya memakan ‘phytoplankton’.
 
Populasinya ada di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat. Spesies yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun lamanya.
 
2. Basking Shark
 

Hiu Basking – nama latin:  Cetorhinus Maximus, menempati posisi sebagai ikan hiu terbesar ke 2 di dunia. Panjangnya bisa mencapai 40 kaki, dan pernah tertangkap dengan berat hingga 19 ton. Meskipun berbadan besar, hiu jenis ini cenderung lambat dan bukanlah predator alias pemangsa, sama seperti hiu paus.
                                                 
                                                  3. Great White Shar




Great White Shark (Carcharodon Carcharias), adalah salah satu dari hiu yang terganas di dunia. Dapat mencapai panjang hingga  26.2 kaki dan berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg). 


Hiu Great White adalah hiu terakhir dari jenis species, Carcharodon. Teritorialnya sangat luas, dapat di temukan di lepas pantai semua lautan. Film “Jaws” terinspirasi dari hiu jenis ini.

4. Tiger Shark



Tiger Shark (Galeocerdo Cuvier) menempati urutan ke-4 hiu terbesar di dunia dengan panjang hingga 24.3 kaki.
Seperti halnya hiu putih, spesies yang satu ini juga terkenal dengan kekejamannya. Dari semua jenis hiu yang ada, hiu macan terkenal suka menyerang perenang. Habitatnya di daerah perairan khatulistiwa dunia tetapi lebih cenderung di sekitar perairan Pasifik.


                                                               5. Pacific Sleeper Shark






Satu hal yang membuat hiu jenis ini menarik yakni merupakan salah satu dari sedikit jenis hiu yang dapat di temukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutub). Meskipun biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga 6500 kaki di bawah permukaan laut. 
Hiu Pacific Sleeper (Somniosus pacificus) bisa mencapai panjang 23 kaki dan berat hingga 800 lbs (362,87 kg).


                                                              6. Greenland Shark
 

Hiu Greenland Shark (Somniosus Microcephalus) dikenal juga dengan ‘sleeper shark’, ‘gurry shark’, ground shark’, ‘grey shark’ atau ‘ Inuit Eqalussuaq.
Hiu ini dapat tumbuh hingga 21 kaki, hidup di sekitar perairan Atlantik utara dekat wilayah Greenland dan Iceland.
Yang menakjubkan, usianya bisa mencapai 200 tahun, karena itulah termasuk jenis vertebrata (bertulang belakang) dengan usia hidup terlama.

                                                          7. Great Hammerhead Shark
 

Great Hammerhead (Sphyma mokarran) adalah hiu terbesar dari semua jenis hiu hammerhead (hiu martil) yang dapat hidup hingga 20 kaki.

Great Hammerheads dapat di temukan di seluruh dunia layaknya hiu–hiu yang hidup di perairan khatulistiwa.
Berbeda dengan hiu lainnya, Great Hammerhead sebisa mungkin menghindar dari manusia. Dengan kata lain, hiu ini sangat pemalu.
Hiu Great Hammerhead terbesar yang pernah di tangkap oleh manusia adalah jenis betina dengan berat 1280 lbs (580,59 kg)

 8. Thresher Shark

 

Thresher Shark adalah jenis hiu besar yang bisa mencapai panjang hingga 18 kaki. Hiu ini biasa nya hidup di perairan khatulistiwa.
Hiu Thresher seringkali terlihat ‘ramping’ dari ukuran sebenarnya. Tetapi jangan tertipu oleh muslihatnya, karena hiu ini dapat mencapai berat hingga 1100 lbs (498.95 kg). yang hebatnya lagi hiu ini bisa menloncat dari dalam air ke udaran dengan sangat tinggi

1 komentar: